Aneka Resep Menciptakan Masakan Ringan Anggun Kering Asin Dan Gurih

- Monday, September 12, 2016
Aneka Resep Membuat Kue Kering Asin dan Gurih - Enaknya macam-macam kreasi Kue Kering Asin selalu bikin ingin tau untuk dicoba. Apalagi kalau membuatnya sendiri dirumah sanggup lebih menghemat biaya pengeluaran. Selain itu materi yang dipakai untuk menciptakan kue kering sanggup diadaptasi berapa banyak yang akan dipakai nantinya. Kalau sudah tahu resepnya, sebelum hari lebaran nanti sanggup nyetok sendiri dirumah kan enak.

Keseruan menciptakan kudapan manis kering tidak akan didapatkan di toko kue, alasannya rasa puas dan jerih payah dari tangan sendiri itu beda. Memang kalau belum mencoba menciptakan kudapan manis kering sendiri tidak akan mencicipi perbedaannya. Sekarang sudah saatnya mengetahui Resep Kue Kering Asin lebaran yang biasanya juga dicari banyak orang untuk hari perayaan lainnya. Karena sudah bukan belakang layar lagi, sebaiknya eksklusif saja biar tidak tambah penasaran. Berikut ini macam-macam kudapan manis kering asin dan cara membuatnya.

RESEP KUE KERING KEJU KACANG RENYAH

Buat yang suka citarasa keju masakan ringan ini terasa sangat dekat dimulut. Entah mengapa lebaran tanpa kudapan manis kering tampaknya kurang lengkap. Dalam bungkusan parsel saja kudapan manis kering asin ini seringkali tidak ketinggalan.
Aneka Resep Membuat Kue Kering Asin dan Gurih Aneka Resep Membuat Kue Kering Asin dan Gurih
Gambar Resep Kue Asin Keju Kastengel

Bahan-bahan :
  • 250 gram tepung terigu pilih protein sedang
  • 25 gram tepung maizena
  • 175 gram margarin (pilih yang kualitas bagus)
  • 50 gram keju cheddar di parut kasar, jangan terlalu kecil-kecil
  • Keju padat (keju parmesan) dipakai untuk taburan secukupnya.
  • 50 gram kacang tanah, sangrai dan cincang kasar
  • 1 butir telur ayam (kocok lepas)
  • ½ sdt garam

Cara Membat Kue Keju Kacang :
  1. Langkah awal campur tepung terigu dengan tepung maizena, ayak jadi satu.
  2. Kocok margarin dan garam hingga tercampur rata. Baru sesudah itu masukkan telur dan kocok lagi.
  3. Selanjutnya masukkan tepung yang sudah diayak tadi. Aduk hingga merata menjadi campuran kudapan manis dan tidak mengumpal.
  4. Tambahkan kacang cincang dan juga keju cheddar parut. Aduk lagi biar rasa kacangnya merata.
  5. Siapkan loyang dengan diberi olesan margarin tipis saja.
  6. Bentuk pipih campuran secukupnya dengan diameter sekitar 2cm. Lalu bentuk kudapan manis sesuka hati, sanggup memakai cetakan dari seng seng berbentuk kotak atau dengan sumbangan sendok dan tangan. Beri sayatan atau tusuk dengan sumbangan garpu biar terlihat menarik. Tata satu persatu campuran ke dalam loyang yang sudah disiapkan hingga penuh.
  7. Masukkan panggangan dengan memakai suhu kurang lebih 1140 derajat celcius. Tunggu hingga matang kurang lebih 30 menit lamanya.
  8. Angkat dan dinginkan kudapan manis kalau ingin menyimpannya lebih lama.

RESEP KUE KERING PASTEL GORENG RENYAH

Resep selanjutnya yang juga tidak pernah bolos kalau pas lebaran adalah pastel mini isi abon. Tapi ini bukan yang isinya telur sama wortel lo, kalau itu sih kudapan manis lembap yang bentuknya lebih besar dari ini. Kalu yang ini sanggup disimpan jangka panjang buat kapan saja, soalnya materi isiannya abon kering yang tidak simpel basi.
Aneka Resep Membuat Kue Kering Asin dan Gurih Aneka Resep Membuat Kue Kering Asin dan Gurih
Gambar Kue Kering Goreng Pastel Mini Asin

Bahan-bahan :
  • 125 gram tepung sagu
  • 375 gram tepung terigu
  • 100 gram daging abon sapi (beli jadi)
  • 125 gram margarin
  • 1/2 sdm garam
  • 100 ml air
  • Minyak goreng

Cara Membuat Pastel Mini :
  1. Pertama campur tepung sagu dan terigu jadi satu untuk diayak.
  2. Aduk rata jadi satu tepung ayakan tadi ditambah margarin dan garam.
  3. Beri air sedikit demi sedikit, uleni tidak perlu hingga kalis. Yang penting sudah jadi campuran yang tercampur rata dan tidak lengket lagi.
  4. Adonan yang sudah jadi bagi menjadi beberapa bab untuk dipihkan dengan ketebalan sekitar 2cm. Bentuk bundar diameternya sekitar 3cm.
  5. Beri isi daging abon 1/2 sendok makan. Lalu ingkupkan setengah lingkaran dan cubit kecil pinggirnya biar menarik.
  6. Panaskan minyak yang banyak, goreng dengan minyak terendam biar matangnya rata.
  7. Pastel yang sudah matang kecoklatan angkat dan simpan ke dalam toples rapat kalau sudah dingin.

RESEP KUE SAGU KEJU KERING LEMBUT DI MULUT

Sudah tahu kan kalau kudapan manis asin ini rasanya lembut banget dimulut. Apalagi ada rasa kejunya yang menciptakan rasanya lebih renyah dan gurih.
Aneka Resep Membuat Kue Kering Asin dan Gurih Aneka Resep Membuat Kue Kering Asin dan Gurih
Gambar Resep Kue Kering Sagu Asin Lebaran

Bahan-bahan:
  • 25 gr tepung maizena
  • 150 gr tepung terigu protein sedang
  • 175 gr margarine
  • 25 gr gula tepung
  • Bawang putih bubuk
  • 30 gr keju cheddar kemudian diparut
  • 15 gr biji wijen sebagai taburan kue

Cara Membuat Kue Sagu :
  1. Kocok perlahan tepung dengan margarin selama 30 detik lamanya.
  2. Tambah parutan keju aduk hingga rata. Berikan juga bawang putih bubuk aduk rata lagi.
  3. Campur jadi satu tepung terigu dan maizena sambil diayak perlahan. Aduk rata hingga membentuk menyerupai adonan..
  4. Bentuk campuran dengan cetakan nosel squit seperi yang diinginkan. Taburkan juga biji wijen diatasnya.
  5. Oven loyang yang sudah siap dengan suhu panas 150 derajat celsiul. Tunggu hingga matang sekitar 20 menit.
  6. Angkat kudapan manis yang sudah matang untuk didinginkan sejenak sebelum disajikan.

RESEP KUE TELUR GABUS ASIN DAN GURIH

Kalau yang ini sih, walaupun bukan kerikil lebaran sering dijadikan masakan ringan sehari-hari. Rasanya yang gurih dan empuk anak kecil yang giginya sedikit juga berpengaruh makan.
Aneka Resep Membuat Kue Kering Asin dan Gurih Aneka Resep Membuat Kue Kering Asin dan Gurih
Gambar Resep Kue Kering Telur Gabus Asin

Bahan-bahan :
  • 200 gram tepung sagu
  • 75 gram terigu
  • ½ bungkus kaldu bubuk
  • 50 gram keju edam
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • ½ sdt garam
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng

Cara Membuat Kue Telur Gabus :
  1. Aduk merata tepung sagu, terigu, kaldu bubuk, keju edam dan telur kocok. Tambahkan air secukupnya kalau terasa masih keras.
  2. Pilin dengan tangan dibungkus plastik dengan panjang sewajarnya menyerupai pada gambar. Rendam dulu dalam minyak dingin. 
  3. Jika dirasa cukup, goreng sumuanya hingga matang .
  4. Angkat dan tiriskan minyaknya.

RESEP KUE BAWANG GORENG STIK RENYAH

Yang satu ini juga dilarang dilewatkan buat persiapan lebaran. Cara membuatnya yang simpel dan sederhana mengakibatkan kudapan manis kering bawang banyak disukai. Karena digoreng dengan minyak sudah niscaya rasanya gurih. Buat kumpul bareng sama teman atau keluarga baiklah juga.
Aneka Resep Membuat Kue Kering Asin dan Gurih Aneka Resep Membuat Kue Kering Asin dan Gurih
Gambar Resep Kue Bawang Goreng Renyah

Bahan-bahan :
  • 250 gram tepung terigu berprotein sedang
  • 1000 gr tepung kanji atau sagu
  • 3 btr telur dikocok lepas
  • 50 gram bawang merah (ris halus)
  • 100 gram bawang putih, (iris halus)
  • 7 batang daun seledri (iris halus)
  • 2 bungkus masako rasa ayam
  • 1 sdm garam halus
  • 1 sdm penyedap rasa
  • 3 sdm margarin atau mentega
  • 700 ml air
  • Minyak goreng

Cara Membuat Kue Bawang :
  1. Aduk jadi satu terigu, bawang merah, bawang putih, seledri masako, raram, air secukupnya dan telur kocok, margarin dan penyedap rasa.
  2. Masak hingga mengental dengan api sedang. Jika sudah matang pindahkan ke wajan.
  3. Tambahkan tepung sagu. aduk hingga campuran kalis.
  4. Bagi campuran menjadi beberapa bagian, bentuk bundar diameter sekitar 7cm.
  5. Giling campuran dengan cetakan molen dengan ketebalan yang diinginkan. Bisa juga memakai talenan atupun botol untuk menggilingnya.
  6. Potong panjang sesuai selera dengan pisau.
  7. Goreng hingga matang dan tiriskan.
  8. Selalu ingat untuk menyimpan di toples ketika sudah dingin.

RESEP KUE NASTAR KEJU ASIN SEDERHANA

Ini resep pakai yang sederhana khusus bagi yang tidak ingin pakai oven, mungkin alasannya tidak punya tidak masalah. Rasanya lembut dan renyah lumer dimulut lebih Istimewa bila dinikmati ramai-ramai. Kalau pas hari raya biasanya bergandengan dengan kudapan manis kastengle. Kabar baiknya buat penderita diabetes boleh memakan kudapan manis ini alasannya Less Sugar hanya sedikit gula sebagai syarat menciptakan adonannya saja biar tidak simpel pecah nantinya.
Aneka Resep Membuat Kue Kering Asin dan Gurih Aneka Resep Membuat Kue Kering Asin dan Gurih
Gambar Resep Kue Nastar Asin Tanpa Oven

Bahan-bahan :
  • 300 gram butter salted dikocok hingga berwarna putih
  • 500 gram tepung gandum / tepung terigu khusus untuk kudapan manis yang di panggang
  • Tepung maizena perbandingannya 10-15% saja
  • 1 butir telur diambil kuningnya
  • 3 butir kuning telur secukupnya untuk olesan kue
  • 50 gram gula tepung
  • Garam halus 1/4 sdt (supaya ada rasa masin)
  • 1 sdt susu krimer
  • Selai nenas instan no sugar
  • Mentega untuk olesan secukupnya
  • Keju parut sebagai topping

Cara Membuat Nastar Keju Asin :
  1. Siapkan wadah dan campur terlebih dahulu ke dua tepung hingga merata.
  2. Masukkan semu materi kudapan manis nastar mulai dari gula tepung, 1btr kuning telur, garam, krimer dan butter salted yang sudah dikocok.
  3. Aduk semua campuran kudapan manis nastar hinga menjadi kalis.
  4. Bagi campuran menjadi beberapa bab untuk diberi isian.
  5. Cara memasukkan isi selainya sanggup dengan cara memipipihkan campuran agak gepeng, kemudian bentuk bundar selainya dan letakkan diatasnya. Tutup dan gulung-gulung dengan tangan.
  6. Siapkan teflon dan letakkan saringan dandang dibagian atasnya. Biarkan agak panas sekitar 10 menit dan olesi dengan mentega.
  7. Tata campuran kemudian panggang dengan api kecil selama 30 menit lamanya. Jangan lupa tutup bab atas dengan tutup dandang.
  8. Buka dan olesi nastar yang masih setengah matang dengan kuning telur, taburi dengan keju. Tutup kembali dan tunggu hingga menjadi matang.
  9. Dinginkan terlebih dahulu kalau ingin mengemasnya atau dimasukkan ke dalam toples biar tidak simpel menjamur dan rasanya tetap renyah.
  10. Pantas juga dijadikan hidangan untuk program menyerupai arisan keluarga dirumah.

RESEP KUE SEROJA ASIN GURIH (KEMBANG GOYANG)

Kalau kau orang orisinil betawi niscaya tau dong dengan kudapan manis yang memiliki bentuk unik dan elok menyerupai mirip kelopak bunga seroja. Karena proses menggorengnya harus digoyang-goyang sehingga disebut juga kembang goyang. Sebenarnya ini masih tergolong jenis kudapan manis tradisional yang layak kita lestarikan bersama keberadaannya. Perbedaan pada resep kali ini terletak pada rasanya bukanlah manis melainkan asin gurih sehingga tidak simpel eneg. Buat persiapan lebaran coba deh bikin jajanan ini untuk mengenalkan pada belum dewasa bunda.
Aneka Resep Membuat Kue Kering Asin dan Gurih Aneka Resep Membuat Kue Kering Asin dan Gurih
Gambar Resep Kue Seroja Asin Gurih

Bahan-bahan :
  • 250 gram tepung beras
  • 100 gram tepung tapioka
  • Garam halus secukupnya
  • 2 butir telur ayam
  • 250 ml santan kental
  • Daun jeruk nipis secukupnya, buang tulangnya & iris tipis
  • Minyak goreng secukupnya

CARA MEMBUAT KUE KERING SAROJA ASIN :
  1. Dalam wadah masukkan tepung beras, tepung tapioka, garam dan daun jeruk. aduk hingga rata.
  2. Masukkan telur kocok, kemudian tuang santan perlahan sambil diaduk hingga rata.
  3. Panaskan minyak kepenggorengan yang banyak. Celupkan cetakan kedalam kedalam minyak yang panas, kemudian masukkan ke dalam adonan. Pastikan campuran tidak hingga menutupi cetakan, biar campuran tidak lengket sehingga simpel lepas.
  4. Goreng campuran sebentar saja dengan api sedang, ketika hampir matang goyang2 hingga campuran terlepas dari cetakan, angkat dan tiriskan (karena memang tipis kudapan manis saroja akan matang ketika didarat sehingga tidak perlu terlalu usang menggorengnya).
  5. Lakukan hingga semua campuran habis, sebelum dimasukkan kedalam toples atau eksklusif dinikmati dengan secangkir kopi bersama orang tercinta.

RESEP KUE GARPU ASIN GURIH EKONOMIS

Resep terakhir ini cocok bagi yang mau bikin kudapan manis gurih dan harum dari materi tepung terigu tapi gak neko neko alias dengan biaya murah saja. Kue garpu tampaknya layak untuk dicoba. Tidak butuh peralatan aneh-aneh loh, materi yang dipersiapkan juga sedikit cocok untuk pemula. Hanya mengandalkan garpu saja untuk menggulung campuran sehingga bentuknya nanti menyerupai mirip kepompong kecil yang lucu. Seperti apa resepnya berikut penjelasannya.
Aneka Resep Membuat Kue Kering Asin dan Gurih Aneka Resep Membuat Kue Kering Asin dan Gurih
Gambar Resep Kue Garpu Asin
Bahan-bahan :
  • 100 gram tepung terigu
  • 20 gram mentega panas (cairkan)
  • 20 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur kocok lepas
  • 1/2 sdt garam
  • Daun seledri (iris halus)

CARA MEMBUAT KUE KERING GARPU ASIN :
  1. Masukkan ke dalam wadah telur kocok, tepung terigu, tapioka, garam dan daun seledri.
  2. Jika sudah rata masukkan mentega yang sudah dilelehkan, aduk hingga pulen dan tidak lengket.
  3. Masukkan semua materi kudapan manis garpu ke dalam wadah. Uleni hingga pulen dan tidak lengket.
  4. Ambil secuil adonan, pipihkan dibagian belakang punggung garpu dengan tangan kemudian gulung. Lakukan hingga semua campuran habis (usahakan campuran dipipihkan setipis mungkin supayah sanggup renyah).
  5. Panaskan minyak dengan api sedang dan goreng semua hingga matang. Biarkan minyak tiris.
  6. Masukkan toples yang rapat kalau kudapan manis sudah benar-benar dingin.
  7. Gimana simpel banget kan, tertarik!!!

Nah kini kita semua sudah tau kalau Kue Kering Asin ternyata tidak selalu terlihat sulit untuk dibuat. Ada juga yang sederhana tidak terlalu banyak bahannya kan. Silahkan dapatkan resep kuker lainnya yang sudah Zona Sedap bahas sebelumnya di kolom pencarian atau bab bawah artikel yang masih berhubungan.

Help us to be better
SUBSCRIBE for more article
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search